Postingan

Menampilkan postingan dari 2012
happy mother day :)
untuk emak yang tak kenal lelah, tak pernah mengeluh, tak pernah berhenti mencintai putra putrinya. ====================================================== empat orang putra engkau telah lahirkan, pada kami engkau berikan kasih sayang yang sama besar, tak pernah membedakan antara sulung dan bungsu. tanpa kenal lelah engkau mengajarkan pada kami tentang kehidupan. engkau tak mengajarkan pada kami tentang sebuah teori, namun engkau mengajarkan kami hakikat hidup yang sesungguhnya lewat tingkah laku, lewat sentuhan, lewat pelukan juga lewat air mata. ====================================================== sesaat kami tumbuh menjadi dewasa, semakin jarang intensitas pertemuan diantara kita, semakin berkurang waktu kita hanya untuk sekedar bercengkrama. hanya demi sebuah alasan tentang kesibukan kami yang sebenarnya tak sebanding dengan kesibukan mu. namun, engkau sabar menunggu kehadiran kami, menunggu kami pulang dan menyambutnya dengan senyuman. karena sebuah alasan t…
"bukan lantaran kesempatan itu yang tak berpihak hanya saja pintunya yang belum terbuka, hanya saja kamu yang masih terlalu malu untuk mengatakan apa yang sejujurnya. masih terlalu malu mungkin, atau kamu yang tak pernah berani tampil menunjukkan bahwa kamu bisa lebih".

Pasti Pulang

Gambar
akhirnya yang di tunggu datang juga, hari ini pukul 21:05 WIB sebuah telepon masuk. yang tampil di layar adalah nomor baru (maklum baru ganti nomor karena nomor lama rusak belum sempet di urus). sebuah panggilan sederhana dari kampung halaman tercinta nun jauh di atas bukit, yang dikelilingi perkebunan. suara ibu terdengar begitu lembut, ah suara yang aku rindu kan akhir-akhir ini. kali ini tidak ada percakapan yang lama, hanya bertukar kabar dan pertanyaan-pertanyaan kecil seperti biasa.

"kapan muleh?" "mboten ngerti, kayae tanggal 25" "neg gag iso muleh, yo gag usah di pekso"

aku tahu ada seberkas kerinduan yang mungkin sudah memuncak di hati mamak, tapi apa daya dan kuasa. jarak yang memisahkan kita tak membuat hati kita menjauh, malah kian lama kian mendekat an saling terikat.
di ujung percakapan ibu tampak kecewa karena aku tak mampu menjawab kapan aku bisa segera bersua, jujur saja aku juga ingin pulang setelah 25 oktober yang lalu hingga kini aku …

Menangislah Sebelum Menangis Itu Dilarang

bila gorengan tempe yang jatuh ke atas lantai pasti tak akan jadi masalah, sebelum diinjak sebelum kena kotoran semuanya akan baik-baik saja. namun lain halnya kalau air mata yang tumpah diatas lantai, mana bisa diambil lagi dan dimasukkan kembali ke kantung mata?. kalau sudah begini mau bagai mana lagi, ibarat nasi sudah jadi bubur toh semuanya sudah terlanjur. mau muterin waktu juga bakal sia-sia ya biarkan saja yang sudah terlanjur melihat agar tahu siapa kamu sebenarnya.
ah jadi malu, lagi-lagi mata yuyu kecolok dikit udah sakit lantas berair. banyak yang bilang menangis itu lemah, cengeng. mana boleh didentifikasaikan seperti itu, toh semua orang punya air mata. mereka bebas mau menangis atau tidak yang jelas menangis itu bukan memalukan tapi mengesankan. sebuah buku bilang, kalau mau nangis nangis aja kenapa malu, toh kamu punya alasan kenapa kamu menangis. lain halnya novel karya tereliye. disana dituliskan, kalau mau menangis menangis saja, tak perlulah gengsi toh mereka teta…

Kuliah Sabtu

Gambar
kuliah pagi, jika biasanya kuliah pagi bersama mamah dan aa' maka berbeda dengan kuliah pagi yang aku alami hari ini. kali ini kuliah pagi ku bersama dengan pak nurudin salah seorang dosen metode statistika, kuliah pagi ini terasa berbeda atmosfer damai tampak dari pancaran lampu yang redup. kelas yang biasanya dimulai dengan kegaduhan seperti pasar tampak tenang. namun, tampaknya damai tak sempat dirasakan dosen kami. matanya menatap kami tajam, namun ada ketenangan dari sorot mata beliau, ada sebuah pertanyaan yang nampaknya sudah membebani kepalanya untuk segera dituangkan kepada kami, mahasiswa-mahasiswinya.
satu, dua, tiga akhirnya sebuah kalimat sederhana terucap darinya. selamat pagi semua, ya akhirnya beliau mengeluarkan kata-kata itu juga. perlahan ia mulai melangkah mendekati deretan bangku depan lantas bertanya pada kami. kenapa kalian memilih ngisi bangku bagian belakang lebih dulu? ini yang depan masih kosong. lantas semua terasa sunyi, semua kepala menunduk tak bera…

Sebuah Perdebatan

Gambar
“Apa yang salah ketika seorang pangeran jatuh cinta pada seorang budak. Bukankah kalian yang mendemonstrasikan bahwa cinta tidak memandang harta, cinta tak memandang status. Tapi kenapa sekarang kalian malah yang menentang cinta itu bersemi disini. L” “Permasalahan yang muncul bukan karena cinta itu memandang harta, status atau sebagainya. Hanya saja cinta itu tak pantas jika antara dia dan dia. Lihatlah siapa dia pangeran putih belang hitam yang menjadi dambaan. Bentuk tubuhnya yang panjang menggambarkan supermodel idaman, tapi lihatlah dia yang disana. Cokelat belang-belang, bahkan seekor nyamukpun tak sudi menatapnya.”
“Sebentar kanapa engaku mempermasalahkan fisiknya. Apakah engkau masih mau mengelak bahwa engkau sama dengan mereka yang berteriak mendemontrasikan cinta tak memandang apa-apa. Tapi lihatlah engkau juga melakukannya.”
“Bukan-bukan aku tak seburuk itu, aku masih memegang kata-kata itu. Hanya saja sang pangeran salah memilih budak, sang pangeran salah memilih pujaan hatin…

Sembilan Belas Tahun (19)

berapa usiamu sekarang? "sembilan belas tahun" umi udah gede ya sekarang, begitulah semua orang mengatakanya sambil tersenyum. membuatku semakin malu. ternyata Allah telah mengingatkan ku tentang berapa banyak waktu yang telah aku ambil. dan sekarang aku tak tahu kapan jatahnya habis. kalo kuliah kita tahu jatah skip kita masih berapa, tapi kalo yang satu ini hanya sang sutradara handalnyalah yang tahu.
biar jauh ucapan selamat dan do'a sampai juga lho...

dunia yang berjarak ternyata tak menjarakkan komunikasi antara kita. "selamat ulang tahun umi, semoga berkah ya" do'a-do'a yang indah tetap tersampiakan pada sang pemilik hajat meski muka tak sempat bertatap. terimakasih atas do'a-do'a kalian yang berikan lewat sms, telpon, facebook, twitter dan lain-lain. semoga Allah menjawab do'a tulus kalian serta melimpahkan rahmatNya juga pada kita semua.

terimakasih untuk JIBRIL, KORPUS IPB, FISIKA IPB 48, 
pertama terimakasih dan selamat buat kelua…

pulang dan mimpi

kangen, ya hari ini aku merasa rindu. rindu untuk memulai lagi menyusun kata. rindu untuk segera menyelesaikan tugas dan pulang. rasanya baru satu bulan yang lalu saya pulang, menjenguk tanah kelahiran dan menikmati lebaran haji di sebuah bus ekonomi yang dijejalkan dengan paksa manusia-manusia rantau yang juga menahan rindunya seperti diriku. andaikan jarak pekalongan-bogor tak sejauh ini setidaknya tiap minggu aku bisa kembali dan mengobati rasa rindu yang menyiksa sekali.
aku tak pernah bisa membayangkan bagaimana kawan-kawanku yang lain bisa menahan rindu mereka. pulang hanya dua kali dalam setahun, bahkan tak jarang dari mereka memilih tidak pulang. apa mereka tidak kangen?. suatu ketika aku bertanya dan mereka cuma tersenyum, 'sebenernya pengen pulang juga mi, kangen sama orang tua. tapi aku malu, pergi jauh-jauh dan pulang belum bisa bawa apa-apa. pokoknya aku bakal pulang kalau sudah jadi orang'. cita-cita yang mulia bukan.

Wake UP

Andaikan hari esok adalah perang, maka hari ini aku masih belum punya amunisi untuk melawan. Andaikan hari esok adalah kematian, maka hari ini amalaku belum memenuhi. Andaikan hari esok adalah performance ku, maka hari ini aku belum latihan. Seperti seekor katak dalam kuali, berendam di dingin nya air lantas terbuai hingga tak sadar api telah memangggang. Merasa nyaman dengan keadaan yang sebenarnya membahayakan,merasa bahwa hidup itu menyenangkan. Hingga sampai pada akhirnya terperosok pada jurang kebodohan. Come on, life is not easy. Wake up!!!! Jangan biarkan kenyamanan perlahan-lahan membunuh otakmu. Jangan pernah percaya bahwa kenyamanan itu menyenangkan, karena tak selamanya nyaman itu baik. Selayaknya kita harus berubah, berbenah menjadi yang lebih baik. Dan itu adalah proses bukan terjadi secara tiba-tiba. Kalaupun masih masih berat menyambut perubahan itu, maka bersiaplah. Biar waktu yang akan menegur dengan semua penyesalan. Semua orang tahu, setiap perubahan selalu mendata…

EWB

Gambar
lihatlah dilayar dekstop ku kini, sebuah aplikasi elektronik workbench (EWB) dengan gagahnya menantang untuk segera diselesaikan. menciptakan rangkaian listrik itulah yang mungkin saat ini harus aku lakukan, tapi entahlah semuanya terasa begitu menyebalkan.
sebuah rangkaian yang minggu lalu gagal kami praktikkan pada praktikum elektronika dasar. dan dengan terpaksa maka hari ini aku harus banting mata untuk tidak tidur demi menemukan jawaban dari jumlah data yang harus aku dapatkan esok pagi.


pulang

sebuah pesan singkat yang sedikit membuatku meradang, setelah semunya telah kuputuskan untuk tak pulang. ada aja segenggam harapan yang meronta keadilan. sekali lagi mana yang akan menjadi pilihan, pulang atau tetap bertahan pada ketidak pastian. "untuk apa aku disini????"
bukan lagi saatnya untuk menyesali sebuah keputusan hanya saja aku butuh sebuah kejelasan bukan hari ini tapi kemarin pagi.

biofisum vs tiket pulang

Gambar
harusnya malam ini fokus belajar biofisika umum, soalnya besok saya mau ujian susulan. tapi entah kenapa jenuh juga belajar sendiri. lagian kangen juga udah lama gag nyentuh keybord buat nulis blog yang belum diisi lagi dan penuh dengan topik yang udah basi.
ditengah kejenuhan buat belajar biofisika umum, yang soalnya belum terbayang diotak meskipun teman-teman kelas bilang soalnya seru abis. karena isinya kimia, fisika, biologi jadi satu, berasa nano-nano aja kali ya campur aduk mamen.
kerenkan ujianku fisika, kimia, biologi dicampurin. sebenarnya gag cuman biofis doang sih, masih ada satu laporan dan satu tugas yang harus dikumpulin besok, berhubung udah capek maka nulis inilah yang jadi topik utama hari ini.

besok itu hari rabu, hari kamis ama jum'at libur. tapi sayang gag bisa pulang gara-gara ada responsi di hari sabtu. parahnya lagi udah gag pulang, tapi ikutan stres mikirin tiket pulang. hanya demi selembar kertas  harus ikut-ikutan merasa berdosa karena banyak temen-temen …

NosTalgia

Gambar
“kesuksesanmu bukan engaku dapatkan dari warisan, bukan pula pemberian. Tapi kesuksesan engkau dapatkan setelah engkau merasakan sebuah kegagalan” (anonym,2012)
Mungkin hari ini tidak akan pernah terjadi dalam kehidupan saya (3 Nopember 2012), kalau saja saya menolak untuk mengerakkan kaki dan mengayuh pedal sepeda. Kalau saja saya rasa malu itu lebih besar dan mengalahkan semangat saya. Pastilah kemampuan saya masih seperti yang kemarin masih dalam kepayahan. Selamanya hanya bisa melihat teman-teman mengayuh sepeda tanpa pernah merasakan kenikmatanya. Memualai sebuah kayuhan itu memang berat, banyak godaan, harus berani menanggung malu. Tamapaknya memang mudah ketika orang lain mulai meluncur dan mengayuh pedal sepeda seenak hati mereka. Namun, asal saya tahu saja. Untuk mencapai kesuksesan itu pastilah mereka pernah jatuh terlebih dahulu, pernah lecet-lecet, pernah juga pegel-pegel. Tapi mereka tak menyerah malah makin gigih berlatih, sampai akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan. P…

UTS part 1

jahhhh

hari yang di tunggu akhirnya datang juga

22 oktober 2012

pertempuran pertama yang akan dilalui setelah 2 bulan lalu dijejali berbagai materi
18 SKS yang cukup menegangkan, tapi indah dan penuh hikmah
medan pertempuran yang sesungguhnya akan dimulai, saat jemari mulai menggoreskan jawaban tentang relativitas dan tentang cahaya, tentang fotolistrik tentang oktahedron tentang ceramik.
semuanya tersusun menjadi satu FISIKA MODERN.

medan pertempuran yang sesungguhnya akan datang tak lama lagi, tak ada tempat untuk berlari selain meminta kemudahan pada sang ilahi.

"wahai Allah maka mudahkan hambamu yang bodoh ini, karena sesungguhnya ilmu Mu yang ada di bumi ini hanya 1 tetes air, dari air yang ada berada di bumi jika dikumpulkan menjadi satu. maka berikan hidayah Mu kepada kami" amien ya Rabbal 'alamin :)

QUotS UTS

Selvia Wulan Hajijah "Semangat UTS...
fokus dulu dengan amanah besar ini -__-
Ganbatte"
Lusia Anita "Senin bsk pertarungan akan dimulai. Semangaat. Pasti bisa UTSnyaa"
Tiffany Lavenia Semangat UTS!!!!!!!!!!! \(^,^)/, #peluk Juliyani WidiyaRiana Puspa PutriLijah Solihad NasutionUmi TrimuktiDeviana Matudilifa Yusuf,Annisa Ulfa SafitriMunawaroh Az-ZahraDeni RahmawatiKiki A Ania,Zaim El Adhim
UTS????????
Umi Trimukti meninggalkan zona nyaman, menuju area pertempuran

aktifkan kembali otak kanan

Gambar
kesannya emang maksa sihhh
tapi cukuplah untuk seorang pemula



relativ

relativitas tanpa batas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

fisika matematika part 2

selasa yang lalu saat hati ini gelisah menatap papan putih yang penuh dengan deretan angka juga gambar grafik. di belakang deretan manusia super aneh malah asyik menenggelamkan mimpi-mimpinya diatas bangku tanpa dosa. disaat semua orang berusaha mulai mencerna goresan hitam sepidol yang menuliskan tiga buah integral yang saling berjejeran, mereka dengan tenang mengamati tingkah bodoh kami.

saat ditanya kenapa sampai disini, mereka hanya menjawab "karena ini gampang dek".
apa???? gampang??? dilihat dari sudut manakah bahwa ini gampang, ya harusnya ini memang sudah tak sulit atau asing lagi, kalkulus dua kali dengan season yang berbeda harusnya sudah mampu membekali saya dengan materi yang satu ini. "fisika matematika".

jujur saya masih sedikit bingung dengan dua manusia yang selalu datang terlambat dan memilih duduk di belakang. dua manusia yang satu hidup yang satu tidur, dan saling bergantian mencatat materi. dua orang manusia yang merelakan dirinya terjun dan te…

trending topik

trending topik untuk hari ini adalah

"cukup... cukup...cukup.."
*umi style

sebuah fenomena yang diakibatkan karena adanya syndrom yang dialami oleh mahasiswa fisika IPB angkatan 48. virus "cukup" yang disebarkan oleh salah satu anggota pada akhir agustus lalu ternyata masih meradang pada jiwa-jiwa para fisikers.

fisika matematika

fisika matematika, mungkin pertama kali orang mendengarnya ia akan merasa ketakutan setengah mati #lebay#. mengucapkan kata fisika atau matematika saja banyak orang yang mati-matian menghindarinya. lantas benarkah keduanya menyeramkan semengerikan buto ijo dalam dongeng timun emas???. namun kenyataannya saya menghadapi dua monster mengerikan yang banyak diperbincangkan. jika boleh jujur harapan saya disana hanya demi sebuah cinta mulia untuk bunda di rumah. #melankolis abis#
andaikan setahun yang lalu masih bisa diulangi mungkin pilihan ini tidak akan saya ambil. pertanyaannya menyesal kah saya dengan keputusan setahun yang lalu?? tidak itu yang mau saya katakan, tersesatkah saya?? tidak, sama sekali tidak. meskipun terkadang ada selimut penyesalan yang menghampiri namun, sungguh saya tidak berdaya dengan kuasa tuhan atas pilihan yang ternyata datang pada saya.
Fisika matematika tak boleh menghancurkan harapan yang telah saya pupuk dengan tetesan keringat dan air mata. fisika matemat…

syndrome Sheila On 7

GWW penuh sesak rame
sheila gang beraksi memenuhi GWW dengan teriakan juga nyanyian. harusnya ini bisa jadi momen sejarah buat saya menghadiri acara konser musik yang memang untuk pertama kalinya. konser musik yang mendatangkan musisi kesayangan saya Sheila On 7, tapi ternyata Tuhan punya rencana lain. Tuhan tak menginginkan saya pergi,sebuah laporan yang saya tunda ternyata bisa jadi bumerang penghalang liburan saya. tak hanya itu tapi Tuhan juga mengingatkan saya bahwa 35rb itu bisa saya gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. mungkin cuma lewat Mp3. tapi, semuanya toh tidak akan  mengurangi sensasinya.
meskipun nonton live gag bisa, bukan berarti saya harus bersedih hati, apa daya jika memang kenyataannya memang gag bisa. Tuhan punya rencana lain yang lebih indah pastinya dari nonton konser Sheila On 7 pasti saya yakin itu. saya cuma mau berdoa semoga Om duta masih mau mampir lagi ke IPB amien. :)

Radio

Lama aku terpisah
Dari dirinya
Sekian lama
Lama sudah berlalu
Tapi jejaknya
Ter…

Titip Bangku Ala Mahasiswa

Singkat cerita, kisah nyata kehidupan mahasiswa. Kisah tentang budaya unik yang menggelitik yang terkadang sungguh menarik. Mungkin awalnya akan sedikit tabu untuk di perbincangkan, namun setelah terkupas dengan pisau yang tajam semua enak saja diobralkan. Lika-liku menjadi mahasiswa ternyata lebih berkelok daripada kelokan dijalan pegunungan, lebih menerik daripada gossip, lebih berwarna dari pada cahaya.
Alkisah saya temukan juga kenyataanya. Pagi ini dengan santai ku masuki ruang kuliah yang masih cukup sepi, hanya ada sedikit mahasiswa yang saat itu hadir. Beberapa wajah mahasiswa rajin sedang membolak balik diktat, diantaranya juga ada yang mengotak-ngatik handphone sambil menunggu teman mahasiswa yang lain. Tapi, satu hal yang aneh. Seketika hal aneh itu mengagnggu pandanganku. Sebuah deretan bangku terdepan ternyata sudah menjadi hak milik orang yang sama sekali tak ada wujudnya. Deretan bangku kosong yang telah dipersiapkan bagi mereka yang ingi duduk di depan tanpa harus beran…

kabar dari Bapak

setitik rasa penyesalan mulai menyelimuti hatiku siang tadi, tepat pukul 11:53:31 sebuah pesan masuk dalam handphone bututku. sms dari Ayah yang selalu kurindukan sosoknya, mengabarkan sebuah berita tentang kedatangan tukang pos yang setia mengantarkan surat kepada seluruh pelosok daerah. berita tentang kedatangan sang IPK TPB semester lalu yang ternyata transkipnya juga dikirimkan ke rumah.
"mi nilai IPK baru sampai hari ini nilainya ... um" begitulah kiranya sms yang beliau kirimkan.
ada sedikit rasa kecewa karena ternyata IPK saya belum juga memenuhi target untuk memperoleh beasiswa unggulan. entah bagaimana ceritanya tanpa saya sadari ada air yang tiba-tiba mengalir di mata saya. sedih mungkin rasa itu yang saya rasakan ternyata perjuangan saya masih belum maksimum. dengan mata yang masih berkaca-kaca saya kirimkan sebuah balasan yang menurut saya adalah pembelaan atas diri saya yang kemarin kurang maksimum.
"maaf pak, gag nyampe 4, umi est usaha tapi nyatane cuma s…

gelisah dipenghujung Ramadhan

akan terasa menyedihkan ketika ramadhan yang hanya 30 hari akan beranjak pergi, menunggu sebelas bulan yang akan datang pasti akan lebih sulit dan lama sekali. tatkala ramadhan pergi maka kumandan takbir bergema ke seantero negeri, sungguh merdu sekali. tapi sekelebat bayangan dalam hati akankah ramadhan esok akan aku temui lagi. hanya Allah yang mahamengetahui.
target ramadhan tahun ini (istghfar dalam hati) belumlah terpenuhi, sedih rasanya ramadahn dengan cepat sekali meninggalkan kami. lantas tahun depan apakah Allah masih mau memberikan kesempatan ramadahn untuk saya lagi (wallahi), saya cuma mampu berharap semoga Allah masih mempercayakan ramadhan tahun depan untuk bertemu kembali.
kini bang lebaran telah menati hati-hati yang suci, lantas tersenyum manis sekali. namun, inilah kegelisahan ku dalam hati, ramadhan usai, lebaran tiba, artinya waktuku bertahan di bumi pekalongan semakin sempit saja. seperti berontak otak saya, kenapa ramadah begitu cepat pergi meninggalkan kita. sa…

harapan untuk negeri

Indonesia negriku dengan segenap kekayaanya kini memasuki usianya yang ke 67 tahun.  kemerdekaan yang di beli dengan jutaan nyawa pejuang yang syahid demi sebuah kemerdekaan. negeriku tersayang Indonesia, usiamu sungguh tak lagi muda bahkan bisa dibilang kau sudah cukup tua. tapi, melihat kenyataan bahwa potret bangsaku yang notabandnya merdeka selama 67 tahun ini masih begitu suram. harapanku begitu dalam semoga bangsaku akan terus menjadi bangsa yang bersahaja, hingga ia tetapdisegani oleh bangsa mancanegara. indonesiaku engkau negeri kaya. semoga di tahun ke 67 ini Indonesiaku kembali menjadi macan Asia. semoga korupsi tak lagi merejalela, semoga pendidikan di negeriku kian hari kian baik dan bukan hanya mereka yang beruang saja yang mampu sekolah tapi mereka yang tak mampu juga mampu menikmati masa itu. hingga kemiskinan dinegeriku semakin berkurang bahkan hilang. semoga pemimpinku menjadi pemimpin yang amanah, yang bijaksana, semoga pemimpin negeriku adalah pemimpin yang Allah p…

Cintanya Ada Di MAHARANI

“Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kapada api yang menjadikannya abu aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”
sepenggal sajak Supardi Djoko Damono yang dikirimkan mas wawan pada Dinar Puspa.
Ternyata cinta memang datang dengan tiba-tiba, tak mengenal kapan, siapa, dan kepada siapa ia akan berlabuh. Tak kenal seberapa lama kamu mengenalnya sebarapa sering kamu berinteraksi dengannya. Tapi cinta selalu datang dengan semaunya. Mungkin itu yang dirasakan oleh seorang yang baru saja memproklamirkan dirinya sebagai kakak angkat saya “Wawan Dwi Armando” begitu dia menyebutan namanya.
Hanya butuh satu bulan untuk menaggumi sahabat baru saya Dinar Puspa Indah. Mahasiswa jurusan biologi angkatan 48, caranya berbicara dan berpikir selalu membuat saya kagum. Dewasa itu kesan saya padanya, meskipun lahir dari kota metrapolitan Jakarta tundak tunduknya Jawa punya (sopan, kal…

welcome tuk kembali

tak ada kata yang indah kecuali mengucap syukur alhamdulillah, mengucap tasbih subhanallah, dan menggetarkan bumi ini dengan kalimat Allahu akbar. Pekalongan kota tujuan sebagai pemberhentian hari ini, dengan mentari yang bersembunyi dibalik awan menyapa kami. Rombongan perantau yang menamai dirinya sebagai IMAPEKA IPB dengan hari bungah memasuki kota dengan senyuman terindah. setelah perjalanan panjang selama delapan jam ditambah sebuah tragedi ban pecah yang hampir saja memakan korban (lebay...). namun semua kenikmatan ini tak akan ada artinya jika tak diiringi dengan rasa syukur kita pada Allah SWT.
#satu-satunya cewek angkatan 48
"dek cewek 48sendiri ya?" ~tanya mbk iqoh malam sebelum keberangkatan~ 
cuma tersenyum cengengesan. karena cuma sendirian terpaksa deh saya yang ngurusin masalah snack dan keuangan.heee, biar cuma saya seorang tapi tak apalahini pekerjaan mulia yang pentingkan saya bisa pulang dengan selamat sampai tujuan. toh pada praktiknya bukan saya saja yan…

pulang kampung

yeee tanggal 11 agustus 2012, wuihh itu besok mamen...."pulang...pulang...pulang" rasanya udah pengen nyekip tanggal 10 aja nihh...
akhirnya setelah terjebak pada lubang kebenaran selama dua bulan, saya bisa menghirup udara kebebasan menuju jalan surga "RUMAH". bayangan sambutan dari keluarga, tetangga, dan sahabat-sahabat saya sudah menghantui perasaan saya.
entah saya jadi inget obrolan konyol beberapa saat yang lalu dengan kak tony, kak erma, mbk efi, ama jihad.
"lu mesti kalo pulang disambut sama orang sekampung ya?" (kak tony)
emmm gag sepenuhnya bener sih, tapi gag sepenuhnya salah juga.
"balik kapan kowe um" "mbk liburan pog?" "mbk umi liburan nyampe kapan?"
"nen ngomah dek kapan mi?"
semua pertanyaan yang biasa diajukan oleh para tetangga dan saudara di kampung jauh yang sinyal hpe aja musti naik pohon 
dari semua warga kampung yang dulunya sekolah bareng saya, hanya saya seorang yang sampai saat ini masih betah …

sahur mie beng-beng

Gambar
"umi mau sahur gag?"

"hem...."

begitulah cara kawan kost, saat membangunkan saya
sambil terus mengumpulkan nyawa yang tercecer entah kemana.

"udah jam 4 tapi" 

"apa jam 4?" begitu otak saya segera memproses kesiangan alamat saya gag sahur pagi ini.

tapi saya jadi ingat sebuah artikel tentang berkah dibalik makan sahur maka dengan berat saya menjawab.

"itu ada beng-beng 2 dinar makan aja umi satu dinar satu, itu juga ada mie gelas mau?"

"gag ah mi makasih"

setelah itu dia menghilang.........
semakin hari udara pagi di bulan ramadhan makin menggigit kulit ya? kali ini saya putuskan memakan mie gelas dengan beng-beng (bisa bayangkan kombinasinya). masa bodohlah yang penting pagi ini satu keberkahan masih bersama saya.



secuil tentang MAHARANI

keluarga baru, tetangga baru, sahabat baru, rumah baru, kamar baru. inilah rencana Allah untuk saya. setelah penggusuran atas diri saya dan barang-barang juni lalu, akhirnya saya kembali menemukan sebuah tempat naungan baru. tidak megah, tapi juga tidak terlalu kumuh. rumah sederhana dengan tiga lantai yang dikelilingi tembok-tembok perumahan warga. seperti sebuah takdir kami berdelapan dipertemukan dibawah satu atap, tiga lantai.

dinar biologi 48, nune ITK 48, fitria ITP 48, Icha KSHE 48, umi (yang punya blog) Fis 48, Esi AGH 48, Novi THP 48, Arbay Fis 48. kami semua dipertemukan oleh sebuah takdir yang memang sudah direncanakan sama Allah. karena mulai sekarang saya akan memastikan bahwa tidak ada namanya kebetulan. tapi ini memang rencana Allah yang maha dahsyat.

percaya tidak percaya rencana Allah itu memang indah kok, dan Allah tidak pernah mengingkari jaji-Nya. masih saya ingat kata pak ustadz saya "Allah pasti akan mengganti yang hilang itu dengan yang lebih baik". m…

teguran buat saya

Gambar
mbok jaw

apa kak?

tulisan anda tuh nulis opo kuwi . . g mbois blas
22:05 hehehe lagi maele mikir umi bingung hehe revisi dah mas mbois ki apa?
pada akhirnya saya harus mendapatkan teguran dari kak farid. entah ini komentar atas tulisan yang mana saya tidak tau. dan satu lagi "mbosis" itu bahasa mana ya kak?

kisah tanpa asa

waktu menunjukan pukul dua siang saat antrean di gedung Graha Widya Wisuda (Grawida) mulai mencapai klimaksnya. ratusan mahasiswa baru (maba) membentuk barisan panjang bak ular naga saat keluar dari pemeriksaan kesehatan. menunggu panggilan untuk segera mendapatkan jas Almamater juga jas Laboratorium. raut muka cemas dan lelah mulai tampak dari keluarga atau kerabat yang sedari tadi menanti diluar gedung grawida sejak pagi tadi.
sepasang mata sayu menghampiri meja layanan informasi dengan penuh harap. seorang bapak paruh baya yang usianya mungkin telah mencapai kepala lima. dengan nada resah bertanya pada petugas yang berjaga. "saya sudah menanti anak saya sejak jam 7 pagi tadi, tapi sampai sekarang (sambil melirik jam yang ternyata sudah menunjukkan pukul 14:45) dia belum juga keluar." kekhawatiran begitu tampak di raut wajahnya yang keriput dimakan usia. sang petugas yang buka pengawas dari semua maba hanya mampu memberikan jawaban yang sekiranya mampu menenangkan sang ba…

Ubah Hidupmu dengan Mimpi

Gambar
Memulai bermimpi itu tidaklah sulit, cukup pejamkan mata mulai berdo’a kemudian tidak lupa gosok gigi. Semua orang tanpa prosedur itu juga bisa melakukannya. Tapi itu hanya sklumik mimpi sebagai penghias tidur kita. Berlangsung ketika semua anggota tubuh kita dalam keadaan tidak sadar. Lalu saya  akan berikan kabar pada kalian. Bahwa kita juga bisa bermimpi saat dunia alam sadar kita masih bekerja.
Mulailah bermimpi di dunia nyata, bukan hanya di bawah alam sadar kita saja. Mulailah berani untuk bermimpi, apapun itu. Ingat pemimpi tidak sama dengan penghayal. Pemimpi punya cara untuk menggapai mimpi mereka. Mereka punya target hal apa yang hendak mereka raih. Mulailah bermipi sekonyol apapun, lalu kembangkan mimpi-mimpimu dengan cara mu sendiri. Biarlah orang lain mencaci mimpimu, tapi balikan fakta itu agar mereka ingin segera megikuti caramu bermimpi.
Seorang gadis kecil waktu itu, dalam sebuah perjalanan panjang mengutarakan mimpinya pada sang ayah. “ayah tahun depan adik berjanji ak…

petasan dan Ramadhan

"dor...dor..dor..."

itu bukan suara bom atau meriam waktu perang. melainkan suara berisik tetangga saat Ramadhan tiba. iya bukan karena mereka sedang bertengkar, atau kompor yang digunakan untuk sahur meledak. tapi sumber suara itu berasal petasan yang beratnya tidak sampai 50gram.

biar kecil suara yang  ditimbulkan dari benda itu tidak kalah dahsyat dengan suara senapan yang mengerikan.

euforia ramadhan sepertinya tidak akan nikmat jika benda yang dinamakan petasan ini tidak terlibat. sebenarnya suara ini sedikit bikin jantungan, marah atau terganggu. tapi seperti sebuah budaya sampai tidak terlalu banyak orang yang mengusik keberadaanya.

sebenarnya larangan bermain petasan itu ada, tapi karena euforianya banyak yang tidak mengindahkan. menganggu sih, tapi karena budaya jadi biarkan saja. biar kecil tapi berbahaya, akan tetapi banyak yang berpikir biarlah saja.

petasan dan Ramadhan itu seperti gula dan teh, alias barang komplementer dalam ilmu ekonomi.

tuhan itu maha pembolak-balikan hati

kemarin beberapa bulan yang lalu dia masih sempat chatingan dengan saya lewat jejering sosial "Facebook". bahkan ia sering menandai kami dalam setiap statusnya hanya untuk mengenang peristiwa yang pernah kami lalui bersama. tetapi, mulai dari kemarin saya merasa ada perubahan yang terjadi atas diri sahabat saya. sepintas caranya berbusana, caranya berbicara tidaklah terlalu mencolok untuk diperhatikan. semuanya normal dan sesuai dengan apa yang di perintahkan.

lalu apa yang membuat saya merasa dia berbeda?

pemikirannya, setiap kata dari kedua bibirnya, pandangannya, bahkan sambutan persahabatan yang ia berikan tidak sehangat dulu. pasti ada sesuatu yang membuat pandangannya bisa berubah dalam hitungan waktu yang cukup singkat tapi, apa?

masih menjadi rahasia antara Tuhan dengan dia. semoga itu tak sesuai dengan dugaan saya, hanya keyakinan yang kuat bahwa "Tuhan itu maha Pembolak-balikkan hati" yang mampu menenangkan otak dan hati saya agar tetap sinkron.


puasa perdana

sekali lagi ini pilihan saya. ini kemantapan hati saya, ini pilihan yang harus saya ambil.

semalam pemerintah melakukan sidang isbat untuk menentukan awal ramadhan. yang pada akhirnya ditentukan bahwa puasa pertama pada hari sabtu tanggal 21 juli 2012. karena keluarga dan keyakinan bahwa hari ini puasa maka saya putuskan untuk berpuasa hari ini juga jum'at (20 juli 2012). karena itu saya berbeda.
semalam pukul 3:12 WIB kakak yang di rumah telpon. membangunkan saya untuk makan sahur. beginilah nikmatnya sahur sendiri. berhubung teman-teman yang satu kontrakan belum puasa hari ini. dinginnya nasi dan sayap ayam goreng hot crispy yang sudah saya beli pukul 20:00 turut menemani santap sahur perdana saya. hem nikmat itulah yang saya rasakan saat itu.
sebenarnya ada sedikit rasa ngilu di hati karena rencana awal untuk bisa bersantap sahur serta tarawih perdana di rumah gagal. kepulangan saya yang sudah saya jadwalkan tanggal 18 juli yang lalu harus saya tunda untuk sementara. karena sa…

biar beda kita saudara

Gambar
sebenarnya saat posting di blog ini saya masih bingung, mau mengucapkan ramadhan tinggal dua hari atau tiga hari lagi. bukan hati yang ragu, hanya lingkungan saja yang membuat saya jadi tak menentu. perbedaan awal ramadhan sebelumnya tidak pernah saya rasakan. entahlah bagi umat terdahulu, namun dari kecil awal ramadhan di kampung saya sepertinya selalu bebarengan.
dan ramadhan tahun ini sepertinya akan berbeda, dari suasana sampai dengan harinya. kemungkinan yang tersiar dari beberapa media masa akan ada perbedaan awal ramadhan di indonesia. perbedaan yang selalu menjadi sorotan publik dan perbincangan masyarakat. rencananya muhammadiyah sebagai salah satu ormas islam akan tetap melaksanakan puasa pada 20 juli nanti, sedangkan pemerintah indonesia  kemungkinan besar akan melaksanakannya pada tanggal 21 juli.
jika dikatakan apakah saya anggota organisasi Muhammadiyah? jawabannya iya benar. tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa saya pilih tanggal 20 sebagai awal ramadhan. karena …