gantikan keluhan dengan senyuman


‘Mengeluh’ ya… kata itu yang selalu tepikir dalam otak dan pikiranku. Kata itu selalu meluncur dengan sepontan tanpa pamit bahkan mengucapkan salam terlebih dahulu. Terkadang lebih parah lagi, aku bahkan menyalahkan tuhan atas setiap keluhan-keluhan yang aku rasakan.

Bersyukur mungkin kata itu benar-benar mulai menjauhi perjalanan hidupku. Rasanya hampir lupa kapan terakhir kali aku mengucapkannya. Bahkan untuk berpikir tentang jawabannya saja aku mulai malas. Entahlah apa sebenarnya kepuasan yang aku cari, aku juga bosan dan mulai malas untuk memikirkan jawabanya lagi.

Setiap kali mengeluh, hanya kemarahan yang siap menemani dan menghampiri. Dan ketika itu aku yakin setan tengah tersenyum lebar dan menatapku dengan kasihan. Begitu bodoh apa yang telah aku lakukan, toh jika dipikirkan lagi berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia jika hanya aku mengeluh.

Coba saja kita hitung bersama-sama, dalam sehari kita mengeluh terkadang lebih dari tiga kali, bangun tidur air mati kita mengeluh, mau mandi kita mengeluh air di bak yang kotor, mau sarapan kita mengeluh karena tak ada satupun makanan yang mampu menggugah selera kita. Ini baru kegiatan dipagi kita. Bagaimana dengan siang??? Saat panas matahari tepat diatas ubun-ubun dan mulai banyak manusia yang mulai taka dapat berpikir secara jernih. Akan ada berapa banyak keluhan yang muncul dari kepala dan mulut kita.

kapan kita menyadari bahwa itu sia-sia. dan hari ini benar-benar ku temui orang-orang dengan kesabaran yang sangat besar. tak pernah mengeluh seberapa besar beban yang ia pikul. tetap tersenyum meski yang lain sudah mulai naik darah. tetap tegar meski semua tak kunjung usai.

saat ditanya ia hanya menjawab dengan senyum khas sambil berkata "mengeluh tak pernah ada gunanya hanya akan semakin menambah berat beban yang ada di pundak".
teruslah berpikir positif, jadikan setiap amanah yang kau jalankan bukan beban melainkan suatu kebahagiaan. amalan yang akan mengantarkan ke surga Nya kelak. semangat tetap jalani hidup dengan thinking positive dan smilling.



Komentar