kulil khaqa walaukaana murran

"waktu tiga tahun itu tidaklah singkat. akan tetapi, itu terlalu lama bahkan sangat lama. menunggu kepastian saat membuka mulut dan mulai angkat bicara. menunggu kata-kata lama yang menjadi ciri khas. kediamanmu menumbuhkan berjuta pertanyaan juga berjuta penyesalan."

begitulah cerita seorang sahabat pada saya. cerita ketika ia harus menghadapi kenyataan pahit yang sempat membuatnya gundah. kenyataan saat ia menunggu suara dari saudaranya yang tenggelam dalam dunianya sendiri.

akhir minggu kemarin sahabat saya bercerita. "umi.. akhirnya dia mulai angkat bicara setelah tiga tahun hanya diam seribu bahasa" saya tersenyum ikut bahagia.

dia sempat berbagi cerita kepada saya bahwa kunci dari kesuksesan komunikasinya adalah jujur. karena ketika ia mulai lelah menunggu lebih lama. ia berpikir mungkin saat inilah ia mulai mengungkap segala apa yang menjadi beban pikirannya.

satu pelajaran yang bisa saya petik dari ceritanya adalah "komunikasikan segala sesuatu dengan jujur dan  penuh kasih sayang. jangan pernah memojokkan orang yang tengah mengalami permasalahan. kuatkan hati mereka bangkitkan semangatnya. dan katakan apa adanya meskipun itu akan terasa pahit."

"KULIL KHAQO WALAU KAANA MUURAN"

Komentar