mereka bilang wanita itu egois

sebenarnya sebuah pembelajaran itu tidaklah kita mesti ambil dari seorang guru besar, dosen atau kiyai. sebetulnya semua orang itu bisa menginspirasi dan memberikan pembelajaran dengan cara mereka sendiri. lantas siapa yang bisa memberikan pembelajaran yang hakiki? saya? tentu saja bukan karena saya bukan apa-apa.tapi pembelajaran itu akan kita dapat dari setiap perjalanan yang kita lewati.

seperti perjalanan dari jakarta ke bogor dengan kereta. akan ada banyak hal yang tidak kita sangka, banyak hal yang dengan sekejap menyadarkan kita. atau bahkan secara terang-terangan menyindir tingkah laku kita. dan pernahkah kalian mendengar ungkapan bahwa perempuan itu egois. maka hari ini saya mendengarnya dan saya tersindir.

"lihat tuh cewek jaman sekarang, mereka terlalu egois. lihat saja kursi sebelah sana kalau saja posisi duduk mereka digeser sedikit pasti masih muat buat satu orang lagi" begitulah obrolan wanita muda yang masuk ke dalam gerbong kereta di stasiun yang saya lupa namanya.

mendengar kata-kata dua perempuan muda itu. seperti tersengat hati saya, dan refleks saja mata saya putar untuk melihat kearah tempat yang dimaksudkan. seperti tersindir saya segera menggeser posisi duduk saya. ternyata obrolan mereka tak hanya sampai situ saja.

"mau cewek berjilbab ama enggak sama aja egois"
#jlebb kata-kata itu benar-benar menyakiti hati saya. ingin rasanya saya berdiri lalu menyilahkan mbak-mabk yang di depan saya untuk gantian duduk.

sama halnya seperti saya, ketidak nyamanan itu ternyata juga dirasakan oleh teman saya, yang secara tiba-tiba ia memberikan kursinya ke mbak-mbak yang tadi.

saya merasa tindakan mereka ngobrolin yang tadi itu cuma untuk dapat tempat duduk. ternyata dugaan saya salah seratus persen. biarpun keduanya tadi sempat ngomongin orang tapi, siapa sangka hatinya mulia. mereka merelakan kursinya juga untuk seorang gadis kecil bersama ibunya.

satu kesalahan saya, jangan pernah melihat siapa yang berbicara tapi lihat betapa banyak pelajaran yang kamu terima. taukah kalian hari itu saya malu pada diri saya sendiri. betapa banyak penilaian buruk terhadap wanita. ternyata kita egois satu kata yang membuat saya sedikit tersenyum waktu itu

"yang bikin cowok sebel ama cewek itu karena egoisnya, bayangin aja cewek bilang kestaraan gender tapi bukinya. waktu mereka hamil 'gue kan lagi hamil gue perlu cuti dong' belum lagi kata-kata 'gue kan cewek' mereka masih mau menuntut itu kestaraan gender"
(kata-kata yang saya kutip cuma inti yang bisa saya tangkap karena maklum nguping)

bahkan sekarang saya mencoba mencari jawaban itu, apakah benar wanita itu egois?

"Iya gan, ane ngeliat sendiri di kereta comuterline. Di gerbong khusus wanita, ada cewek hamil tapi ga kebagian tempat duduk, parahnya cewek2 yang duduk ga ada yg mau ngalah.. " sebuah jawaban dari http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13820067

tapi saya yakin tidak semua wanita itu egois, karena banyak juga yang tidak egois buktinya teman-teman saya tidak egois malah cenderung suka mengalah. saya yakin banyak wanita-wanita hebat yang tidak egois karena saya juga melihatnya sendiri kemarin banyak yang merlakan kursinya untuk penumpang lain. so, jawabanya gag 100% wanita egois.

entahlah saya mungkin berdosa karena mengutip kata-kata mereka tanpa ijin, atau saya juga berdosa karena mendengarkan pembicaraan mereka tanpa ijin tapi biarlah dosa itu saya tanggung. asal banyak yang bisa nengambil pelajaran dari tulisan ini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepenggal Kalimat Motivasi

perjalanan