Titip Bangku Ala Mahasiswa


Singkat cerita, kisah nyata kehidupan mahasiswa. Kisah tentang budaya unik yang menggelitik yang terkadang sungguh menarik. Mungkin awalnya akan sedikit tabu untuk di perbincangkan, namun setelah terkupas dengan pisau yang tajam semua enak saja diobralkan. Lika-liku menjadi mahasiswa ternyata lebih berkelok daripada kelokan dijalan pegunungan, lebih menerik daripada gossip, lebih berwarna dari pada cahaya.

Alkisah saya temukan juga kenyataanya. Pagi ini dengan santai ku masuki ruang kuliah yang masih cukup sepi, hanya ada sedikit mahasiswa yang saat itu hadir. Beberapa wajah mahasiswa rajin sedang membolak balik diktat, diantaranya juga ada yang mengotak-ngatik handphone sambil menunggu teman mahasiswa yang lain. Tapi, satu hal yang aneh. Seketika hal aneh itu mengagnggu pandanganku. Sebuah deretan bangku terdepan ternyata sudah menjadi hak milik orang yang sama sekali tak ada wujudnya. Deretan bangku kosong yang telah dipersiapkan bagi mereka yang ingi duduk di depan tanpa harus berangkat pagi.

Bukan sulap juga bukan sihir, geli sebenarnya melihat fenomena ini. Hampir seluruh barisan kursi nomor dua dan tiga adalah bangku titipan. Parahnya lagi, hanya ada satu orang yang mengurusi penitipan bangku ini. Awalnya sedikit tidak percaya akan adanya peristiwa yang baru saja terjadi, akan tetapi semua benar-benar nyata adanya. Jasa penitipan bangku, ternyata masih menjadi budaya untuk mahasiswa tingkat dua.

pemandangan ini sebenarnya tidak lagi asing bagi saya, namun jika lakon juragan penitipannya hanya satu, pantas rasanya kalau tiba-tiba saya menjadi termangu. kebiasaan titip bangku sebenarnya adalah salah satu budaya unik yang sering kita temui. ruang kuliah yang berganti-ganti bisa menadi faktor utama kenapa orang titip bangku. berbeda di jaman SMA bangku yang kita tempati dari awal sekolah sampai kenaikan nanti itu adalah hak milik tanpa harus dipatenkan haknya.

Komentar

  1. bener!!! dan itu udah terjadi sejak jaman aku SMA. hahaha sebel sendiri. jadi nggak adil kalau ada orang yang datang duluan, tapi nggak kebagian tempat yg diinginkan karena udah di'booking' :p

    BalasHapus

Posting Komentar