Jakarta dan Januari

banjir dan jakarta rasanya sudah tak aneh ditelinga saya, musibah tahunan yang pasti timbul kalau memasuki bulan penghujan. biasanya banjir bakalan datang di bulan januari, rasanya jakarta memang tak pernah bersahabat dengan bulan yang satu ini. meskipun Jakarta dan Januari  memiliki naman yang cukup dekat pada kenyataanya mereka toh tidak pernah akur. bulan januari seperti menjadi penantian sendiri bagi jakarta, karena curah hujan di bulan ini cukup begitu besar, selain itu juga musibah banjir yang hadir setiap tahunnya juga terjadi di bulan-bulan ini.

hari ini sebuah media nasional mengepost sebuah gambar yang cukup mencenangkan bagi saya. jantung kota yang jarang mengalami banjir hari ini tampak seperti kolam raksasa yang menelan banyak kendaraan di jalan raya. bukan itu saja, sebuah media juga memprediksi bahwa 27 januari nanti jakarta bakal tenggelam.

pakar air dari Universitas Indonesia (UI) Firdaus Ali menjelaskan, curah hujan Jakarta diperkirakan akan terus meningkat, ditambah pada 27 Januari bulan akan berada di puncak purnama. pada saat itu, air pasang di laut akan lebih tinggi sehingga tak dapat menampung air yang berasal dari daratan sehingga potensi banjir di jakarta diprediksi akan melebihi banjir yang terjadi di 2007 (kompas.com).
belakangan ini memang hujan turun tanpa henti, sampai-sampai saya tidak bisa membedakan waktu karena matahari tidak muncul. januari selalu penuh dengan misteri inilah hujan sehari-hari seperti sebutan yang sering orang jawa kata. tapi mau bagaimana, ini menang sudah musimnya musim penghujan tak bisa juga saya melakukan protes pada Tuhan. musibah yang terjadi adalah salah satu bentuk bahwa kita sebagai manusia masih belum bisa bersahabat dengan alam. padahal kita sepenuhnya sadar bahwa alam, manusia,hewan, selalu hidup berdampingan dan tidak bisa dipisahkan hubungannya.

Komentar