Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2013

pelepasan IGTF

malam ini rasa-rasnya aku belum bisa tidur, masih sedikit terbayang dengan apa yang baru saja terjadi pagi tadi. pelepasan secara resmi oleh rektor IPB Bapak Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto MSc di halaman depan rektorat.
kami peserta IPB Goes To Field yang sudah melakukan pelatihan selama tiga minggu di akhir pekan akhirnya resmi juga di lepas oleh IPB. sekaligus menjadi awal kami untuk mengabdikan diri kepada rakyat indonesia. menjadi inspirator, menjadi relawan untuk menggali permasalahan-permasalahan yang sebenarnya terjadi di masyarakat kita.
"give them a solution, not give them a problem"
setelah selesai upacara pelepasan kami lanjut mengikuti pembekalan berupa motivasi dan optimisme yang ditanamkan oleh Rektor Universitas Paramadinah Bapak Anies Baswedan. beliaulah pencetus berdirinya Indonesia Mengajar. dalam wejangannya bapak menyampaikan bahwa selama kita masih berada di negara indonesia maka semua jarak dan waktu yang kita tempuh adalah tidak ada artinya. kenapa …

patner IGTF

Alhamdulillah akhirnya UAS aku selesai juga hari ini.

UASku selesai tapi masih punya petualangan yanglebih seru lagi pastinya. kenapa eh kenapa? karena minggu ini aku dan rombongan dari IPB Goes To Field bakal berangkat ke lokasi yang bakal jadi tujuan.

tadi sore kami rombongan IGTF klaten berkumpul di gladiator. kami berasal dari tiga program "tungku sekam, padi rojolele dan hama penyakit". dari tiga perogram tadi Tungku Sekam paling banyak menempati wilayah regionalnya yang berjumlah 11 kecamatan. aku termasuk tuh yang berada di program tungku sekam. dan sore ini adalah pemberitahuan dengan siapa nanti kita akan berpatner ria.

aku bakal ditempatkan di desa Pasung kecamatan Wedi, kecamatan paling selatan dari kelaten. itu yang aku liat di peta. disana nanti aku bakal berpatneran dengan Budi Suryo jamiko dari fisika temen satu kelas aku sekaligus satu tim program tungku sekam. dan seorang lagi patner aku namanya Anik Wati dari program Hama Penyakit sekaligus patner juga di …

ngampus malam

nginep di kampus lagi,,,,,,,,,

hari ini aku sama beberapa temen lain, erika, citra dan iis memutuskan buat nginep di kampus. ini bukan kali pertmanya aku nginep di kampus dan pulang pagi. ditemani juga sama bebrapa kuncen sekret yang dua puluh dua jam nungguin sekret dan dua jam buat makan, manusia ajaib "endang, didi, fatwa, sama zaenudin si komti".

kalo minggu yang lalu aku nginep di kortan gara-gara kehujanan dan gag bisa pulang. kalo kali ini aku nginep di sekret, ya setidaknya bisa mendapatkan tempat yang jauh lebih layak. daripada keamrin tidur diatas bangku. meskipun kalo boleh jujur kasur di kamar kostku jauh lebih nyaman dan hangat.

aku gag pernah bosan buat di ajak nginep di kampus, soalnya kampus di malam hari itu gag seserem yang banyak di pikirkan orang. malahan tempat yang enak menurut aku buat belajar, soalnya kalo belajar di kamar paling-paling nanti ketiduran. tapi kalo di kampus enggak mata bisa tahan sampe tengah malam. ya maklum saja orang di kampus gag …

Cuma Opini (BBM Naik)

tulisan ini lahir dari tweet yang aku baca sore ini. hanya sebuah opini biasa namun ini lh hasil dari teriaakan batin saya.
dari kemarin dan kemarinnya lagi isu BBM bakal naik menjadi salah satu trending topik yang selalu jadi pembicaraan di twitter, facebook dan media sosial lainnya. jadi gerah sendiri ngedengernya ada perasaan gelisah aja kenapa BBM musti naik, dan kenapa harus dinaikkan.
kalau boleh jujur, aku sendiri juga gag setuju kalau BBM naik soalnya bakal banyak permasalahan baru yang muncul akibat kenaikan BBM ini. tapi apa mau dikata, sampai kapan kita bakal bertahan meminta pemerintah buat jangan menaikkan harga BBM. sampai kapan, sampai tahun depan, dan tahun depannya lagi. mau gag mau harga BBM bakalan naik, entah itu hari ini lusa atau tahun yang akan datang.
kita sama-sama tahu kalau sebenarnya negara kita itu adalah salah satu negara penghasil minyak mentah. tapi siapa yang mengambil minyak-minyak kita, siapa yang mengolahnya menjadi bahan bakar. nahlho seperti yang…

Tungku Sekam IGTF #2

Bismillahirrahmanirrahim, baca bismillah dulu biar berkah
minggu ini adalaha minggu ketiga setelah aku resmi mendapatkan pelatihan buat acara IGTF yang bakal dilaksanakan di Klaten. pembekalan yang isinya pelatihan pembuatan tungku sekam ini udah dilakukan tiga kali. peretmuan pertama setelah pembekalan meteri komunikasi dan social mapping adalah membuat pola.
bentuk pola yang kami buat adalah setengah lingkaran yang mrmiliki diameter besar dan diameter kecil. dari pola setengah lingkaran inilah nanti bakal dibentuk kerucut. yang unik dari pola yang aku dan teman-teman buat adalah filosofinya yang menasionalis dan pancasila. kenapa bisa begitu? jawabanya gampang. Pak Irzaman koordinator kami menjelaskan kalau 17 mata angin yang kita buat pada cetakan adalah tanggal kemerdekaan negera kita Indonesia. sedangkan delapan lubang yang dibuat pada tiap mata angin adalah bulan dimana negara Indonesia pertama kali memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka.
pertemuan selanjutnya adalah …

Tidak Bisakah untuk Tidak Menyakiti

Apakah harus menyakiti dulu agar kita tahu rasanya sakit hati, akankah kita harus menjadi orang lain terlebih dahulu agar orang lain mau peduli. Tidak bisakah kita menjadi diri sendiri tanpa harus saling menyakiti. Saya kira tidak demikian bukankah Tuhan menciptakan manusia bukan untuk saling membenci atau menyakiti. Jelas-jelas Allah menyuruh manusia untuk saling mengasihi bukan untuk membenci. Lalu, landasan apa yang kita gunakan untuk menyatakan bahwa kita diperbolehkan menjadi orang yang senang menyakiti. Apakah tidak ada cara lain untuk mendapatkan kepuasan hati tanpa perlu ada seseorang yang merasa dikhianati.
Maka biarkanlah bintang sendiri yang memilih tontonannya di bumi. Melihat tokoh-tokoh antagonis baru. Mereka yang lahir dari rasa sakit hati dan kebencian tak berhati nurani. Dengan pongah membusungkan dada merasa menang ketika lidah-lidah yang tajam telah menyayat perasaan. Tersenyum bangga ketika yang empunya meneteskan air mata tanda tak sanggup menahan perih yang menyik…

Nikmati

saat otak tiba-tiba mengeluh untuk tak mau lagi berpikir, untuk sekedar mengomentari hidup yang kata orang tidak adil. saat dimana inspirasi hanya sebuah khayalan yang tak sempurna, dengan angkuh enggan untuk menyapa. lantas dengan senang hati menghilang membuat hidup terasa lenggang. lantas masih adakah arti hidup saat aku atu dirimu tak lagi menemukan inspirasi, tak lagi mampu memberikan inspirasi. dan saat otak kita sedang mati.

maka, seoarng disana dengan enteng berkata "nikmati saat-saat kehilangan inspirasi itu". mungkin sederhana hanya untuk mensyukurinya saja. cukuplah rasa syukur itu. bukankah Allah senantiasa menyuruh hambaNya untuk selalu bersyukur.


(^_-)

bismillahirramanirrahim...

udah gag terasa banget liburan seminggu yang lalu udah lewat, mengharuskan aku buat belajar lagi menyambut UAS yang tinggal besok pagi. meskipun kemarin gag sempet pulang buat soan sekaligus minta restu. tapi, telpon genggam butut ku juga masih bisa jadi solusi yang baik buat menjaga komunikasi dan berbagi informasi. setidaknya ini biasa menjadi medai alternatif kalo emang gag sempet pulang kerena masih banyak yang harus dikerjakan.
pesen bapak cuma sederhana "belajar yang rajin, wong deso juga biso sukses"

isro' mi'raj di kampus

merayakan isro' mi'raj lagi. kalau boleh jujur memang semenjak masuk kuliah udah jarang banget ngikutin pengajian yang emang di susun buat ngerayain isro' mi'raj. alasanya ya karena mungkin emang gag ada yan mengngatkan atau emang gag semeriah kalau pas dikampung halaman.
pengajian isro' mi'raj kalau dirumah biasanya diadain sama pemuda masjid bersama warga, acaranya berlangsung selepas isya sampai malam. pokoknya aku gag bakali ikut sampe selesai alasanya ngantuk hehehe. maklum dulukan masih kecil jadi gag kuat kalao bergadang malam diluar rumah. nah kalo sekarang lain lagi ceritanya.
kali ini yang ngadain peringatan isro' mi'raj itu anak-anak fisika, mereka panitia tergabung dalam KMF (keluarga muslim fisika), acara ini daihadiri langsung sama komisi pendidikan bapak indro atau yang anak-anak sering panggil papah kita. soalnya bapak emang yang selalu bisa hadir dalam setiap kegiatan yang kita buat.  harap dimaklumi saja soalnya rumah bapak emang deke…

Pra IGTF #1

sabtu, 1 juni 2013

aku lolos IGTF (IPB Goes To Field) di daerah klaten program tungku sekam, itu pas banget sama program binaan dosen aku (pak Irzaman). awal daftar niatnya penegn bisa pulang gratis dan jalan-jalan. tapi pas kemarin ikut pembekalan, pak wayan ketua program IGTF dari IPB kembali mengingatkan pada kami semua mahasiswa supaya benar-benar meluruskan niat buat mengabdi pada masyarakat. bapak juga menegaskan kalo kami harus bisa disiplin, bapak kecewa banget kemarin sama kami karena banyak dari kami yang terlambat mengikuti materi sesi 1. jujur aja aku kemarin juga telat soalnya baru tahu kalau tempatnya pindah dari PAU ke FKH yang jarak tempuhnya bisa 10-15 menit kalau jalan kaki.
ini bakal jadi tantangan sendiri buat aku di libur semester kali ini. aku relain gag ambil SP (semester pendek) demi pengalaman baru yang gag bakal aku dapetin kalau cuma dengerin dosen cerita di depan kelas. 
kemarin aku juga dapet materi komunikasi dan Public Speaking dari Unuversitas Paramadi…