Tungku Sekam IGTF #2

Bismillahirrahmanirrahim, baca bismillah dulu biar berkah

minggu ini adalaha minggu ketiga setelah aku resmi mendapatkan pelatihan buat acara IGTF yang bakal dilaksanakan di Klaten. pembekalan yang isinya pelatihan pembuatan tungku sekam ini udah dilakukan tiga kali. peretmuan pertama setelah pembekalan meteri komunikasi dan social mapping adalah membuat pola.

bentuk pola yang kami buat adalah setengah lingkaran yang mrmiliki diameter besar dan diameter kecil. dari pola setengah lingkaran inilah nanti bakal dibentuk kerucut. yang unik dari pola yang aku dan teman-teman buat adalah filosofinya yang menasionalis dan pancasila. kenapa bisa begitu? jawabanya gampang. Pak Irzaman koordinator kami menjelaskan kalau 17 mata angin yang kita buat pada cetakan adalah tanggal kemerdekaan negera kita Indonesia. sedangkan delapan lubang yang dibuat pada tiap mata angin adalah bulan dimana negara Indonesia pertama kali memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka.

pertemuan selanjutnya adalah meneruskan nkembali pekerjaan kami yang belum diselesaikan pada minggu lalu. sekaligus membuat satu pola lagi buat latihan, pasalnya nanti kita di Klaten punya misi besar buat melatih warga setempat untuk membuat Tungku Sekam ini. selesai membuat pola baru kami memasang pinggangan yang nanti bakal digunain buat meletakkan peralatan masak. tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah, alasanya jelas kalo kita bener-bener membuatuhkan kesabaran dan ketelitiaan. kerjasama antar anggota kelompok juga sangat penting soalnya memotong seng itu gag mudah butuh tenaga ekstra pastinya.

dan tadi pagi Sabtu, 15 Juni 2013 adalah finishing dari usaha kami dua minggu yang lalu. kami merapihkan dan merampungkan beberapa peralatan yang kurang untuk Tungku Sekam kami. dan kami mencoba menghidupkan kompor sekam kami dan hasilnya. SUKSES kompor sekam buatan kami menyalakan api. gag cuma demo agenda kami hari ini sebab kami juga kedatangan tamu dari Kelaten. bapak Kepala desa dan dua orang warganya bertandang untuk melihat dan membuat tungku sekam secara langsung.

dan besok adalah hari terakhir pembekalan IGTF jadi kita baka demo sekaligus masak bersama. rencananya kami akan memasak tempe goreng, tahu goreng, kerupuk, telur mata sapi dan tumis kangkung. semoga besok kita sukses buat demo masaknya. amien

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sepenggal Kalimat Motivasi

perjalanan