selamat hari GURU

teringat obrolan singkat bersama salah seorang kawan diperjalanan jakarta bogor.

"setelah lulus gue pengen jadi dosen atau guru pokoknya ngajar" katanya sambil memasukan kabel headset ke lubang hp
"oh iya baguslah" kataku
"emang kenapa mau jadi guru" kataku
"soalnya guru itu keren" katanya
sebenarnya percakapan tadi ga seratus persen bener soalnya aku lupa tapi intinya sih itu

terkadang kita sempet sebal dan marah dengan guru kita. seperti mungkin cara beliau mengajar terlalu berbelit belit hingga apa yang kita pelajari menjadi semakin rumit. atau beliau yang suka memberikan tugas banyak dan selalu membuat waktu bermain kita menjadi berkurang. mungkin juga beliau yang suka marah pada saat kita melakukan kesalahan. bisa jadi beliau yang tidak pernah masuk dan sekalinya masuk langsung ujian. atau keadaan keadaan lain yang membuat kita tidak menyukai beliau karena suatu sebab.

guru kita manusia, dia bukan dewa yang sempurna. dia manusia yang memiliki emosi, yang memiliki kewajaran untuk melakukan kesalahan. sebenarnya kalau kita cermati segala apa yang dilakuakan guru guru kita dengan membrikan kita tugas, memberikan ulangan harian dadakan adalah untuk kita agar menjadi pribadi yang lebih baik. agar apa yang diberikan disekolahan tidak segera menguap terkena angin.

guru adalah manusia yang memiliki jiwa besar, mereka baha ketika melihat anak anak didiknya menjadi manusia yang sukses. guru  guru kita tak pernah sekalipun iri dan mengungkit ungkit jasanya. jika anak didiknya tak berhasil maka guru juga yang paling merasa bersedih hati. guru kita adalah manusia berjiwa besar, setiap tutur katanya penuh harapan pada kita agar kita bisa menjadi manusia yang sebenarnya dan mampu membanggakan bangsa ini.

bapak dan ibu guru terimaksih atas apa yang engkau berikan dimasa lampau, berkat kalian aku sampai ditanah rantau. semua jasamu tak ternilai harganya, kali ini dipundak ku bukan hanya ada harapan dari ayah dan ibu tapi ada juga harapan dari mu bapak dan ibu guru.


Komentar