Kuliah Prilaku Konsumen bersama Prof Ujang

kali ini aku kembali ditugaskan untuk memperkenalkan diri dan mempromosikan blog, sebenarnya ini bukan sebuah tugas yang sulit sebab setiap orang adalah konsumen. dan setiap orang bisa menulis.

UMI TRIMUKTI mahasiswa departemen FISIKA fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

semester ini aku mengikuti mata kuliah supporting course PRILAKU KONSUMEN (IKK233)
sebuah matakuliah yang diampu oleh departemen ILMU KELUARGA dan KONSUMEN fakultas EKOLOGI MANUSIA.

dosen dari mata kuliah ini adalah Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc, yang biasa dipanggil Prof USA bukan United State America ya tapi itu adalah kode.
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
 diatas itu adalah salah satu karya yang sudah Prof Ujang terbitkan.

rabu kemarin tepatnya (3/09/14) adalah hari pertama aku mengikuti kuliah ini, perkuliahan yang sangat menarik sebab diawal perkuliahan kami diberikan sebuah tugas untuk menuliskan sebuah kata yang berhubungan dengan konsumen. kemudian kami juga ditanyai trend apa yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang.

setiap jawaban yang kami lontarkan adalah benar, begitu pak Ujang menjelaskan karena setiap individu adalah konsumen. jika kita menilik ke ilmu alam, diasa kita akan mempelajari segitiga kehidupan yang mana, manusia berada pada puncak rantai makanan atau bisa disebut juga konsumen tingkat akhir.

sebagai seorang konsumen kita diharuskan menjadi seorang konsumen yang cerdas, yang mampu memilih mana kebutuhan yang mendesak dan mana kebutuhan yang sebenarnya tidak kita butuhkan. selain itu, sebagai seorang individu sifat konsumtif kita bukan hanya pada barang saja melainkan juga pada jasa.

seperti apakah konsumen itu sebenarnya? kalo disebuah toko maka konsumen adalah pembeli. konsumen bisa diangap sebagai raja, inga pepatah pembeli adalah raja. kenyamanan yang diperoleh seorang konsumen saat berbelanja pada sebuah swalayan misalnya, akan berdampak keuntungan bagi swalayan tersebut. dengan kenyamanan yang disediakan akan membuat konsumen kembali lagi mengunjungi tempat tersebut, bahkan ia akan turut serta mengajak koleganya untuk turut menikmati apa yang sudah dia rasakan.

sebanrnya jika sedikit kita menganalisa, trend dari sebuah produk juga mempengaruhi sifat konsumtif dari seorang individu. misalnya saja trend ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone, setiap orang  rasa-rasanya berlomba-lomba untuk memiliki smartphone yang paling terbaru dan paling canggih.

biasanya seorang konsumen juga rela menunggu lama untuk mendapatkan barang murah dengan kualitas yang bagus. bukan itu saja, kadang mereka juga rela pergi jauh untuk membeli barang diskon yang tanpa sadar sebenarnya harga diskon itu sama dengan harga perjalan jauh yang harus dibayar, itulah yang disebut sebagai kepuasan.

Komentar