tak terdefinisi




apa definisi kawan, sahabat, teman, bagi kalian? bagi saya katiganya tak pernah terdefinisi.

dalam kamus besar bahasa Indonesia ketiganya adalah sama atau sinonim, meskipun kenyataanya ada pendapat bawha sahabat, kawan, dan teman memiliki perbedaan. namun, saya juga berhak memiliki definisi sendiri.

berikut adalah arti kata dari "kawan, sahabat, dan teman" menurut KBBI

 "kawan adalah orang yg sudah lama dikenal dan sering berhubungan dl hal tertentu (dl bermain, belajar, bekerja, dsb); teman; sahabat; sekutu. orang ramah banyak --;-- gelak banyak, -- menangis jarang bersua, (pb)sahabat di waktu senang banyak, sahabat di waktu susah (melarat) sedikit;

sedangkan

sahabat adalah kawan; teman; handai: ia mengundang -- lamanya untuk makan bersama-sama di restoran;

dan

teman adalah (1) kawan; sahabat: hanya -- dekat yg akan kuundang; (2) orang yg bersama-sama bekerja (berbuat, berjalan); lawan (bercakap-cakap): -- seperjalanan; ia -- ku bekerja; (3) yg menjadi pelengkap (pasangan) atau yg dipakai (dimakan dsb) bersama-sama: ada jenis lumut yg biasa dimakan untuk -- nasi; pisang rebus enak untuk -- minum kopi; (4) cak saya (di beberapa daerah dipakai dl bahasa sehari-hari): tiada -- menaruh syak akan dia; usahlah -- dimandi pagi, (pb) tidak usah kamu lebih-lebihkan (kaupuji-puji);

semakin saya mendefinisikannya, semakin sulit saya mengerti. bagi saya apapun itu "sahabat, kawan atau teman" merekalah manusia yang banyak mengajarkan banyak hal pada saya. merekalah yang membantu saya mewarnai lembar kehidupan saya.

di rantau merekalah pengganti keluarga, mereka penyemangat nyata. saya tak bisa mengacuhkannya begitu saja, sebab begitulah keadaanya. saya tak mampu mendefinisikan apa-apa, cukup rasakan dan itulah definisi yang sebenarnya.

Komentar

Postingan Populer