Postingan

Menampilkan postingan dari 2017

Saya dan Bapak

Gambar
lebih mirip siapa?
Bapak atau Mamak?

kata temen, saya lebih mirip Bapak. sama sama punya hidung yang besar dan suka ngeyel.

Soal Bapak, Beliau ini adalah superhero saya. dari jaman Vespa berubah jadi Mio Bapak inilah yang selalu menjadi pahlawan saya untuk diajak kemana-mana. sampai sekarang kalau saya pulang ke Pekalongan Bapak yang sering jemput dan nunggu saya kalau si kakak perempuan saya ga bisa jemput.
semenjak insiden Bapak jatuh dari pohon tiga tahun yang lalu, yang bikin beliau patah tulang di bagian paha. tugas antar jemput emang kadang dipasrahin ke kakak perempuan saya. soalnya emang kadang ga tega kalau bapak musti ngater saya ke kota dengan keadaanya yang sekarang. apalagi bapak udah ga muda lagi. tapi jujur aja saya sering dapat wejangan kalo pas pulang atau pergi yang nganter bapak. bisanya sih diskusi kita pasal bersyukur.
lagi-lagi bersyukur itu adalah hal yang paling mudah dilakukan dan juga paling mudah diingkari. Bapak ga pernah bosen ngingetin saya buat bersyuku…

Orang-Orang Bloomington

Gambar
Baru selesai di baca, Orang-orang Bloomington mengisi waktu senggang saya sebelum terlelap.

Perkenalan saya dengan Orang-Orang Bloomington terjadi satu minggu yang lalu, waktu itu saya mengunjungi toko buku tanpa tahu mau beli buku yang mana. Saya menyusuri setiap lorong dan mengamati buku yang ada disetiap rak. Kemudian sampailah saya direretan buku-buku karangan tereliye, waktu itu saya sedang tidak berminat membaca kisah-kisah yang mengharu biru seperti yang biasa ditulis bang Tere.

Mata saya terus mencari, dan memilah kira kira mana yang harus saya bawa ke kasir untuk dibayar. Banyak sekali pilihan, kemudian didekat novel karya mak suri saya melihat Rafilus dan Orang-Orang Bloomington. Keduanya sama-sama karya Budi Darma. Rafilus adalah sebuah novel sedang orang-orang Bloomington adalah kumpulan cerpen. 

Sepintas saya mencari referensi tentang Budi Darma dalam dunia kesusastraan, sekaligus mencari tahu tentang Orang-Orang Bloomington lewat situs Goodread dan beberapa blog p…

Kisah Kucing Saya

Gambar
Dulu sekali ada seekor kucing di rumah saya, bulu-bulunya berwarna putih bersih. Saya tidak ingat bagaimana kucing itu ada di rumah, dia biasa makan di rumah saya atau makan di rumah pakde saya. Waktu pertama kali dia datang  ke rumah, dia sudah terlihat dewasa sehingga kami sepakat menamainua pakde kucing.

Beberapa waktu lamanya pakde kucing tidak menampakan diri di rumah kami, saya tidak tahu penyebabnya dia tiba-tiba menghilang. Dan saat dia kembali bulu-bulunya sudah kotor dan ada bekas luka ditubuhnya. Tidak lama kemudian pakde kucing meninggal.

Selepas pakde kucing pergi, tidak lama kemudian muncul lagi seekor kucing belang dirumah kami. Kucing yang satu ini pemalas hobinya tidur didekat tungku masak sambil menemani mamak memasak. Dia tidak suka menunggu atau mencuri. Saat tak masak ikan kadang saya cuma kasih dia gorengan dan sibelang doyan.

Tak lama waktu berselang terdengar rumor bahwa belang akan diadopsi oleh seseorang yang butuh teman. Saya menolak kalau belang…

UNINSTALL INSTAGRAM

Saya mengenal Instagram pada tahun 2014, tahun pertama saya memegang smartphone. jujur saja saya menyukai aplikasi yang satu ini sebab banyak sekali gambar-gambar yang menarik hasil dari bidikan kamera profesional maupun amatiran. untuk sebuah objek saya bisa melihat banyak sudut pandang yang berbeda. tapi akhir-akhir ini saya merasa bahwa saya harus mengunsitall aplikasi yang satu ini..
saya terispirasi dari aktor Reza Rahardian, dia seorang public figure tapi dia tidak memiliki akun media sosial. Saya ingin mencoba hidup di dunia yang lebih nyata dimana saya akan lebih sering berinteraksi dengan teman-teman saya dengan cara yang sederhana. tanpa menuliskan kata tapi langsung bercengkrama dengan mereka sambil tertawa lepas.
saya ingin menahan diri dari godaan jalan-jalan ke tempat yang indah karena menyaksiannya lewat gambar sesungguhnya membuat mupeng. terkadang saya juga sering menilai orang hanya dengan melihat postingan orang, saya merasa bahwa saya sudah berprasangka yang bukan…

Dua Puluh Tiga Tahun

Selamat berdua puluh tiga yang terlambat... tidak ada selamat ulang tahun, tidak ada kado, tidak ada kejutan. semuanya seperti hari-hari biasa tanpa ada kata spesial. semua orang lupa dan aku pun tak berniat mengingatkan pada mereka.
dua puluh tiga ku tak terlupakan, Pak Dhe ku dipanggil menghadap Tuhan lebih awal tepat sehari setelah aku genap 23 tahun. Aku masih ingat bagaimana pak dhe selalu bermain dengan ku saat aku masih kecil dulu. rumah pak dhe dan rumah simbah memang tidak jauh malahan ini seperti dua keluarga dalam satu rumah yang dibatasi dengan teras kecil. setelah berjuang melawan gagal ginjal selama setahun akhirnya Allah lebih sayang sama beliau.

usiaku dua puluh tiga tahun, dan aku selalu mendapatkan pertanyaan kapan menikah? beberapa teman dekatku sudah menjalankan kehidupan mereka dengan pasangannya masing masing. dan Aku masih memilih sendiri, bukan tidak ingin hanya saja aku belum menemukannya saat ini.

usiaku dua puluh tiga tahun, dan aku belum banyak berkontribu…

Saya (Mau) Jadi Muslim Yang Keren

Gambar
Saya lahir sebagai seorang muslim, Ibu dan Ayah saya adalah orang yang taat. setiap waktu mereka selalu mengingatkan anak-anaknya untuk tidak pernah meninggalkan sholat dan membaca Al-Qura'an. semasa SMP saya hidup dilingkungan Boarding School yang sangat islami, saya belajar banyak hal disana. setelah lulus saya bersekolah kembali di salah satu sekolah menengah atas islam swasta di kota saya. pun disana saya selalu diingatkan untuk selalu menjadi muslim yang taat.
kemudian selesai saya menyelesaikan pendidikan SMA saya merantau lagi ketempat yang lebih jauh. disini saya bertemu dengan manusia yang begitu heterogen. mereka dari suku, agama, dan keyakinan yang berbeda-beda. disinal saya mengenal dunia yang berbeda dari sebelumnya. disisnilah untuk kali pertama saya memiliki teman seorang non muslim. bahkan teman saya ini menjadi salah satu teman terdekat saya selama menjalani masa perkuliahan.
kami sering bermain bersama, bahkan jika waktu sholat tiba dia terkadang mengingatkan sa…

tentang kamu

tentang kamu yang membuatku jatuh cinta
tentang kamu yang membuatku terbangun dari mimpi
tentang kamu yang namanya selalu dibisikan setiap waktu
tentang kamu yang ada di hati

Haikyuu!!!

Gambar
kalian suka permainan bola volly? kalian suka film animasi (kartun japan)? kalau pertanyaan itu di peruntukan untuk saya. maka saya akan berteriak IYA!!!. saya menyukai permainan volly sejak masuk SMP, teman-teman saya sangat pandai memukul, menerima bahkan mensmash bola dengan keras. saya cukup cupu untuk permainan ini, jika bernasib baik maka service saya bisa sampai kelapangan lawan dan jika sedang apes paling nyenggol net. penerimaan saya juga buruk, pokoknya saya ga jago dalam permainan bola tangan yang satu ini. tapi saya sangat suka kalau menonton pertandingan volly.
sewaktu kuliah setiap musim pertandingan olah raga dimulai, saya berusaha untuk tidak kelwat menonton pertandingan yang seru ini. ada teriakan bangga, furstasi yang terdengar baik dari penonton maupun para pemain dilapangan. bagi saya volly adalah olahraga yang paling gampang dimengerti karena aturannya tidak terlalu ribet seperti permainan bola yang lain. pemain volly bisa mengerahkan seluruh anggota badan untuk …

To Be Like Koro Sensei

Gambar
finally the series of "Ansatsu Kyoushitsu (Association Classroom)" is over. there is a feeling disappointment  in my heart with the ending. but over all I love this serial because I can pick many lesson from it. you must know the serial has been over from last year because last year I don't have a good connection so I just could watch it now.

may be some of you have so many question to me, why I love this serial to much. I will tell you some secret. when I was stay in bogor my friend "fitria slamuet" introducing this film to me. at the time I watch "Ansatsu Kyoushitsu (Association Classroom)" from my notebook and suddenly I fall in love with this one. I love it because I got a lot of valuable lesson from "koro sensei".


Koro seinsei is a yellow octopus, he is a monster who government used to be an experiment. he will destroyed the earth on the next year, but before he did it he ask the government to be a teacher on class 3E junior high schoo…

The Reason I Love the Window

Gambar
what are you thinking when you see the windows? (can you tell me what do you think?)

when I see a window I always thinking there are much light and full of air. when I was rent room at Bogor I choose the room which have a big window and it face to the yard. the room doesn't large it's small just 2 x 2 meter, without chit chat I immediately decide to rent this room because I think it will difficult to get the same room like this with the low price. you must know, that I am never move from the rent home until I got my Graduation in 2016.  honestly there are many damage at my rent home, you know the main door of my rent home is always make a problem. we can't open and close the door when the rain fall, it has been change for sometime but when rain fall again it will be same again. until I left my rent home on June 2016 the problem doesn't have a solution. But you must know that I will always love my last room and home.

beginning of this year I have an opportunity to be &q…

Merantau(Harus pulang)

"Orang pandai dan beradab tak kan diam di kampung halaman Tinggalkan negrimu dan merantaulah ke negeri orang Pergilah dan kau kan dapatkan penganti dari kerabat dan teman"
Syair ini selalu membuat saya galau, antara pulang dan merantau. antara tinggal dan menghabiskan waktu di kampung halaman dengan pergi ke kota atau negeri sebrang. yang jelas kemanapun saya pergi saya pasti akan "pulang". 
Pertengahan tahun lalu saya memutuskan untuk pulang (dalam arti sebenarnya) saya mengemasi barang barang saya dan membawanya ke rumah. menginggalkan rastusan kenangan yang pernah saya lalui selama dikota hujan. hingga akhir tahun lalu saya masih di rumah, saya menyebutnya sebagai liburan. dan menaganggap ini adalah sarana pengabdian sebelum saya merantau (lagi).
Banyak hal yang saya pelajari selama (pengangguran) di rumah, saya mulai menyambangi kebun dan sawah (lagi). saya belajar menjadi petani seperti yang dilakukan oleh kedua orang tua saya. saya pun bertemu teman-teman la…